Wednesday, June 05, 2013

Medic Nin. Medical Officer. Whatever.

Baru saja membuka halaman internet yang menyajikan lembar terbaru dari manga Naruto, dan terlihat episode 633, di mana tim 7, Haruno Sakura, Uzumaki Naruto, dan Uchiha Sasuke masing-masing mengeluarkan Kuchiyose-jutsu mereka. Kereeeen! Walaupun selama ini ambu tahu kalau Sakura dibimbing Tsunade, tapi tak pernah tahu kalau Sakura juga ternyata bisa memanggil Kuchiyose!

Dan terlintaslah pemikiran: staf medis dari tim apapun, dalam keadaan perang atau yang menyerupai itu, berarti dia adalah orang yang super. Selain dari pengetahuan medisnya, dia juga harus mempunyai minimal ilmu bertahan, martial arts atau sejenisnya. Karena, kalau tak bisa mempertahankan diri, bagaimana dia bisa mengobati rekan se-tim-nya?

Kata-kata ini kalau tak salah juga pernah diucapkan oleh Sakura, saat Naruto baru kembali dari pengelanaannya bersama Jiraiya. Lupa tepatnya kata-katanya, tapi maksudnya itu. Dia harus mempunyai pengetahuan medis, di samping itu dia harus mempertahankan diri di medan tempur.


Dan... tetiba ingat juga pada Leonard 'Bone' McCoy. Medical Officer di USS Enterprise dalam Star Trek. Jelas-jelas dia punya pengetahuan medis, terbaik di pesawat dibanding nurses yang lain (jauh bangeet), tetapi sering sekali dipercaya James Kirk untuk melaksanakan tugas-tugas lain! Yang terbaru saja, dia dan Kirk turun ke planet Nibiru dan mencuri scroll, menyebabkan mereka dikejar-kejar penduduk asli, dan seterusnya-dan seterusnya. Berulangkali juga dia diserahi tanggung jawab non-medis.

Bagaimana kalau terjadi sesuatu, bagaimana dengan statusnya sebagai medical officer, siapa yang bisa menggantikannya?


Pendek kata, medic-nin, atau medical officer, atau apapun sebutannya, punya tanggungjawab berat, dobel dibanding anggota tim lain.

OOT dikit: Bone 'membangunkan' Kirk dari kematian di Star Trek Into Darkness. Bone juga 'membangunkan' Kirk dari kematian di TOS 2.05: Amok Time. Gyahaha, seneng liat Spock ketawa di situ!



Love you, Sakura! Love you, Bone!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home