Thursday, June 27, 2013

[Hotter Potter] The Great Snape Debate


THE GREAT SNAPE DEBATE
- The Case for Snape's Innocence - Is Snape Harry Potter's Friend?
- The Case for Snape's Guilt - Is Snape Harry Potter's Foe?
Amy Berner, Orson Scott Card, Joyce Millman
Borders Exclusive
2007
109/76 hlm

Begitu buku 6 keluar, maka debat tentang apakah Snape itu berada di pihak Dumbledore atau di pihak Voldemort menjadi seru! Dengan dibunuhnya Dumbledore, tentu saja para pendukung teori bahwa Snape itu antek Voldemort semakin girang, teori mereka semakin mendekati kebenaran. Tapi para pendukung teori bahwa Snape itu anak buah Dumbledore tak kalah gigihnya menyebarkan argumentasi. Berbagai situs kemudian dibuka untuk keperluan itu. Essay-essay bertebaran, lengkap dengan argumen-argumennya.

(Sayang, itu di luar negeri ya? Di dalam negeri jarang sekali yang suka menuliskan pikirannya dalam bentuk essay. Yang ada cuma saling maki antar pendukung, bukan adu argumentasi malah saling serang fisik --> umur-lah, jelek-lah, apa-lah... Moderator HPI saat itu sampai kewalahan menertibkan debat alay seperti ini XD)

Beberapa penulis essay kemudian menerbitkan debat itu. The Great Snape Debate, satu buku dengan dua sampul. Satu untuk pendukung Snape bersalah, satu lagi untuk sebaliknya. Amy Berner dan Joyce Millman sama-sama menulis untuk kedua belah dukungan, dan satu tulisan untuk dukungan pada Snape ditulis oleh Orson Scott Card. 109 halaman untuk dukungan pada Snape, dan 76 halaman untuk sebaliknya.

Bukunya unik, karena dicetak bolak-balik. Balikkan bukunya, dan kau akan menemukan halaman depan untuk argumen lawan!

Agak susah juga untuk menemukan bukunya, apalagi setelah Buku 7 keluar. Hanya dicetak sekali saja, lalu penerbitnya yang juga sekaligus toko buku ternyata setelah itu bangkrut. Lengkaplah sudah kesulitan menemukannya XD Untung buku bekasnya masih bisa ditemukan di Amazon, dan setelah menabung beberapa lama, bisa sampai juga buku ini di tangan #nyengirbahagia

Sebenarnya isinya sih sekarang sudah banyak dikupas di situs-situs debat tentang Snape, tapi membayangkan saat itu, saat kita belum tahu Snape ada di pihak mana, membaca buku ini bisa menguatkan pendirianmu--atau malah jadi berubah pikiran? Hihi.

Mari kita menuliskan argumentasi kita! Jangan berantem alay!

4 Comments:

Blogger bzee said...

Wah, ada ya buku ini, jadi pengen baca

11:58 AM  
Blogger ambudaff said...

XD sama, waktu belum baca, baru denger kabar-kabarnya, penasaran banget! Tapi setelah sekarang berlalu, sebenernya essay-essay dalam buku itu sudah beredar di internet sih, meski nggak terkumpul.

Essay-nya Orson Scott Card misalnya, bisa dibaca di: http://www.hatrack.com/misc/who-is-snape.shtml XD

12:28 PM  
Blogger Haruki Ichiisi said...

beli dimana itu mbu? jadi pengen baca gegara ambu nih..

4:24 PM  
Blogger ambudaff said...

Pesen di second book-nya Amazon XDD

5:21 PM  

Post a Comment

<< Home