Wednesday, September 18, 2013

Fusion


A fusion is a type of fanwork which merges two or more fandoms by incorporating characters from one fandom into the setting of another as if they had always been there - Fanlore
Seperti biasa, sedang mengumpulkan fanfiksi-fanfiksi favorit di FFN, ketika suatu hari menemukan Counterpoint. Ada di kategori fanfiksi crossover, Star Trek x Harry Potter. Ternyata setelah dibaca, fanfiksi ini merupakan Fusion. Characters yang ada merupakan keseluruhan chara Star Trek, tetapi dimasukkan ke dalam setting Harry Potter.

Tak berapa lama kemudian, menemukan lagi Fusion yang lain, Beyond the Drift. Characters dari Star Trek, setting dari Pacific Rim.

Belum lama kemudian, ada yang nanya soal itu di grup Fanfiction.net World. Meskipun fenomena fusion ini udah ada dari kapan, sepertinya ambu sendiri baru 'ngeh' ada yang seperti ini ya? Hihi.

Memang jika kita mendalami beberapa fandom, nggak bisa dihindari adanya rasa membandingkan antara satu fandom dengan fandom lain. Lho kok si A di fandom 123 ini mirip seperti si B di fandom 456? Kejadian XYZ di fandom 123 ini mirip banget dengan kejadian PQR di fandom 456 ya? Dan seterusnya, dan seterusnya.

Dan jika kita rajin menelusuri fandoms itu, mau ga mau akan muncul pertanyaan: kalau si A dari fandom 123 dimasukin ke fandom 456, bagaimana ya? Lalu kita mulai menyusun plot, menyusun karakter, siapa yang karakterisasinya mirip dengan A di fandom 123 dari fandom 456, dan seterusnya. Hey, bukankah itu memang pekerjaan seorang penulis fanfiksi?

Memang sebuah fusion tak akan jauh dari ranah canon. Akan jarang ditemukan plot baru untuk kedua fandomnya, karena dalam fusion biasanya yang terjadi adalah mencocok-cocokkan karakter dari fandom 123 untuk masuk ke dalam setting fandom 456. Pemilihan karakteristik jadi dominan. Tentu akan ada penyesuaian, tetapi biasanya justru menguatkan karakterisasi.

Misal, dalam Beyond the Drift, dilukiskan Spock sebagai pilot Jæger, mempunyai kelebihan dalam hal drift. Sebagai seorang dengan campuran darah Vulcan di tubuhnya, Spock bisa dengan mudah melakukan drift dengan  sesama pilot dalam Jæger-nya, karena seorang Vulcan sudah terbiasa untuk melakukan mind meld. Apalagi kalau co-pilotnya seorang Vulcan juga.

Dengan melakukan fusion ini, bisa dibilang tidak diperlukan plot baru. Penulis (dan kemudian juga pembacanya) akan sibuk mencocok-cocokkan fakta dan data dari fandom 123 pada fakta dan data di fandom 456. Menemukan karakterisasi yang pas. Menemukan hal unik yang sama pada kedua fandom. Dan seterusnya. Dan seterusnya.

Yang dijadikan rasa ke-penasaran-an untuk pembaca biasanya adalah: sejauh mana penulis akan memasukkan karakter fandom 123 ke setting fandom 456? Berdasarkan kesamaan fakta dan data dari kedua fandom itu, di mana penulis akan memasukkan 'kejutan'? Ataukah cerita itu hanya akan berupa memasukkan fakta dan data yang sama saja?

Belum selesai membaca kedua fusion di atas (keduanya multichaptered, still going on) muncul fusion baru dalam cakrawala fanfiksi ambu: Future. Berbeda dengan kedua fusion berbahasa Inggris di atas yang sudah jelas-jelas memasukkan fiksinya pada kategori crossover, Future masih malu-malu mengakui ke-fusion-annya XD

Baiklah.

Jadi, mari kita nikmati saja jenis fiksi baru (buat ambu sih. Sebenernya kan udah lama, malah mungkin fiksi ambu juga ada cuma ambu nggak nyadar) ini. Sambil berharap, penulis-penulis fanfiksi di atas ini menyelesaikan fanfiksinya, nggak berhenti di tengah jalan XD

PS: ini ternyata juga fusion XDD ga nyadar waktu bacanya XD
 

0 Comments:

Post a Comment

<< Home