Monday, February 18, 2013

[Hotter Potter] Harry Potter dan Kamar Rahasia

Harry Potter dan Kamar Rahasia
(Harry Potter and Chamber of Secrets)
JK Rowling
alihbahasa Listiana Srisanti
Cetakan kesembilan, Oktober 2001
424 hlm
 
Di-post untuk mengikuti Hotter Potter
 
Buku ini adalah buku Harry Potter pertama yang saya baca. Habis nonton filmnya. Jadi, masih meraba-raba karena buku pertama belum dibaca, tetapi bisa sedikit-demi-sedikit menyambung-nyambungkan dengan film. Untungnya filmnya tidak begitu jauh berbeda dengan buku. Walaupun, tetap saja, setelah tuntas baca, bisa berucap: 'iiih, di buku kok begini sih, kenapa di film begitu?' XD
 
Karena ini buku paling tua, bentuknya sekarang udah begini:
 
 
 
Laminating sampulnya udah lepas plastiknya, dan ujung-ujung halaman udah keriting. Hihi. Iya, iya, nanti beli lagi yang baru, yang satu box. Lagi ngumpulin Galleon-nya. Atau, ada yang mau nyumbang pada #fakirbukuHarryPotter ini? #diCrucio
 
Pada buku pertama, baru dilukiskan perkenalan. Ada keluarga Dursley, lalu situasi Hogwarts dan sekitarnya. Pada buku kedua ini, pandangan diluaskan. Dimulai dengan peri rumah yang cute tapi suka menjeduk-jedukkan kepala di tembok, yang membawa pesan: Harry akan lebih baik jika tidak berada di Hogwarts. Kita dibuat tegang dengan Harry dibantu melarikan diri oleh anak-anak Weasley, dengan mobil Ford Anglia-nya. Kita dibuat terpesona dengan The Burrow, kediaman keluarga Weasley. Sekali lagi kita dibuat tegang saat Harry dan Ron tak bisa masuk ke Peron 9 3/4 dan mengikuti jalannya Hogwarts Express dengan Ford Anglia.
 
Bahkan di Hogwarts kemudian, terjadi banyak sekali keanehan-keanehan. Semua seperti mendorong Harry untuk segera kembali, tidak berada di Hogwarts lagi. Tetapi, manalah Harry mau. Hogwarts sudah terasa seperti rumah baginya, ia sudah sangat betah di Hogwarts. Mana ia mau kembali ke Privet Drive?
 
Jatuhnya beberapa korban, yang membeku bagai batu, satu demi satu. Suara-suara aneh di sekitar Harry, yang hanya bisa didengar oleh Harry, orang lain tidak. Kemudian kejadian di Klub Duel, Harry ternyata bisa mengerti bahasa ular, Parselmouth, orang yang mengerti Parseltongue... dan kemampuan itu hanyalah sedikit dari karakter yang dipunyai oleh keturunan Slytherin! Pesan yang ditinggalkan pelaku yang membuat para korban Membatu, disebutkan dari Pewaris Slytherin!
 
Slytherin! Harry saat akan di-Seleksi, ditawari untuk masuk Slytherin oleh Topi Seleksi, tapi Harry tak mau. Sekali lagi saat berada di ruang Kepala Sekolah, Topi Seleksi berkeras bahwa Harry sangat cocok masuk Slytherin.
 
Korban jatuh lagi. Yang mula dicurigai, Hagrid. Ditangkap dan dibawa ke Azkaban. Berikut lagi, Dumbledore juga tak ada di sekolah.
 
Korban terakhir bukannya Membatu, tetapi dibawa ke Kamar Rahasia. Kamar yang dibangun oleh Salazar Slytherin. Dan ia adalah ... Ginny Weasley!
 
Seru sekali bagian akhir buku ini, membayangkan bocah-bocah duabelas tahunan berjuang membebaskan Ginny Weasley. Bahkan saat kemudian menyaksikan filmnya, rasanya tidak seseru imajinasi di kepala saat pertama membacanya!
 
Oya, Snape Time! Tahu saat mana yang membuatku yakin bahwa Snape itu tidak jahat?
 
Kemudian Profesor McGonagall tiba.
 
"Sudah terjadi," katanya kepada ruang guru yang sunyi. "Ada anak yang dibawa oleh si monster. Ke dalam Kamar Rahasia."
 
Profesor Flitwick memekik. Profesor Sprout menekap mulutnya. Snape mencengkeram punggung kursi erat-erat, dan bertanya, "Bagaimana kau bisa yakin?" [hlm 364]
 
Dan saat guru-guru melampiaskan kekesalan pada Lockhart:
 
Snape melangkah maju.
 
"Orang yang tepat," katanya. "Orang  yang sangat tepat. Ada anak perempuan yang baru saja ditangkap monster, Lockhart. Dibawa ke Kamar Rahasia, lagi. Saatmu telah tiba akhirnya."
 
...
 
"Aku jelas ingat betul kau bilang kau menyesal tidak menangani si monster sebelum Hagrid ditangkap," kata Snape. "Bukankah kau bilang semua kejadian ini ditangani dengan ceroboh dan bahwa kau seharusnya diberi kebebasan penuh dari awal?" [hlm 365]
 
Defenders of Snape percaya bahwa Snape bertanggung jawab pada anak-anak didiknya. Defenders of Snape percaya bahwa hubungannya dengan guru-guru yang lain cukup baik (kecuali Lockhart dan  Umbridge XD)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home