Thursday, February 07, 2013

[Harry Potter February Meme] Arthur & Molly Weasley

Saat membaca pertanyaan meme bulan Februari di SurgaBuku, jadi bingung sendiri jawabnya. Semua pasangan canon adalah favoritku XD

Pasangan favorit mbak Mel di sana adalah Ron dan Hermione. Itu juga termasuk favoritku, tentu saja. Waktu selesai membaca HP 1, 2, 3, dan 4, dan mulai terasa hasrat untuk menulis fanfiksi, diawali dengan membaca-baca dulu. Oh tentu saja, saat itu yang membanjir di internet baru fanfiksi Harry Potter berbahasa Inggris. Bahasa Indonesia belum ada.

Baca sana baca sini, dari mulai situs archive umum seperti FFN, lalu ada archive khusus Harry Potter seperti FictionAlley, ada sub-situs di MuggleNet, dll, sampai menjurus ke archive khusus banget pair tertentu saja, seperti Severus Snape Hermione Granger (SSHG), Draco Malfoy Hermione Granger (DMHG), dll. Dan hati tertambat (cieee) pada pairing Ron Weasley Hermione Granger. RWHG. Atau nautical name-nya, The Good Ship. Situs yang cukup terkenal saat itu untuk fanfiksi RWHG adalah SugarQuill.

OOT dikit, apa sih nautical name itu? Hubungan. Relationship. Disingkat 'ship'. Dalam bahasa Inggris, 'ship' juga berarti 'kapal'. Dan kita tahu kalau Inggris itu negara maritim. Jadilah fans menamai hubungan-hubungan chara di Harry Potter dengan nama-nama kapal karangan sendiri. Lengkapnya bisa dilihat di sini. Kalau dalam perjalanan seri ini kemudian ternyata bahwa pasangan itu tidak bisa diteruskan, Harry dan Cho putus misalnya, maka istilahnya, misalnya: H.M.S Celebrity is sinking down. Kapalnya kelelep XD

OK. Jadi, siapa pasangan favoritku?

 
SteamShip (S.S) Batteries and Baking.
AKA Arthur Weasley dan Molly Prewett-Weasley
 
Sangat saling menyayangi. Tujuh anak gitu, jelas bukti bahwa mereka saling menyayangi, hihi. Sudah sekian lama menikah, sudah punya anak sekian banyak, mereka masih saja saling sayang. Dan pipi Molly masih saja bersemu merah kalau ngomongin suaminya, atau digoda suaminya.
 
Misalnya:
"Perempuan itu memang dah ada masa mak cik belajar di sini dulu," Puan Weasley mencelah. "Dia pernah meleteri mak cik suatu malam masa mak cik balik ke asrama pukul empat pagi"

"Apa yang mak buat di luar asrama pukul empat pagi?" tanya Bill sambil memandang ibunya dengan kagum.

Puan Weasley tersengih. Matanya bersinar.

"Mak dan ayah kamu pergi ambil angin malam," jawab Puan Weasley.
Er ... salah terjemahan. Hihi. Itu terjemahan Malaysia :P

Yang ini yang bener:

"Dia sudah ada waktu aku bersekolah di sini," kata Mrs Weasley. "Dia mendampratku habis suatu malam ketika aku pulang ke asrama pukul empat pagi..."

"Ngapain Mum di luar asrama sampai pukul empat pagi?" tanya Bill, keheranan memandang ibunya.

Mrs Weasley nyengir, matanya berkilauan.

"Ayahmu dan aku jalan-jalan malam," katanya. [Harry Potter dan Piala Api, hlm 740]

Atau:

"Molly! Aku harus mengajukan pertanyaanmu dulu!"

"Astaga! Arthur, ini konyol..."

"Kau ingin aku memanggilmu apa kalau kita hanya berdua saja?"

Bahkan dalam sinar temaram lentera Harry bisa melihat wajah Mrs Weasley menjadi merah padam; dia sendiri mendadak merasa hangat di sekitar telinga dan lehernya, dan buru-buru menelan sup, mendentangkan sendok sekeras mungkin ke mangkuk.

"Mollywobbles," bisik Mrs Weasley yang sangat jengah ke celah di pinggir pintu.

"Betul," kata Mr Weasley. "Sekarang kau boleh mengizinkan aku masuk."

Mrs Weasley membuka pintu, dan tampaklah suaminya, seorang laki-laki kurus, berambut merah yang sudah mulai botak, memakai kacamata berbingkai tanduk dan mantel perjalanan panjang berdebu.

"Aku tak mengerti kenapa kita harus melakukan itu setiap kali kau pulang," kata Mrs Weasley, wajahnya masih kemerahan. [Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran, hlm 114-115]


Biar miskin, mereka berdua saling menyayangi. Saling mendukung. Molly mungkin cerewet, tapi itu karena dia sayang. Ingat saja adegannya menghadapi Bellatrix. Arthur mungkin diam-diam menyimpan aneka barang khas Muggle, tapi dia pasti akan berjuang keras melindungi keluarganya.

Jadi, inilah pasangan favorit saya, di antara yang lain yang favorit juga XD Oya, 6 Februari mungkin sudah lewat, tetapi selamat ulang tahun, Arthur Weasley! Moga dirimu makin bijak, moga makin disayang Molly, moga juga makin disayang anak-anak, menantu-menantu, dan cucu-cucumu!
 

3 Comments:

Blogger Melisa said...

Dari sekian pasangan di Harpot, Molly-Arthur termasuk yang langgeng sampe akhir ya (maksudnya tetep hidup XD) jadi pengen tau gimana kalo mereka jadi kakek-nenek nih, pasti lucu...
Thanks partisipasinya :)

5:24 PM  
Blogger Maddy Pertiwi said...

Ih Ambu,,, Ini pasangan romantis!!! Gak bosen liat interaksi mereka deh :)

5:10 PM  
Blogger Dewi said...

Pasangan ini emang harmonis banget ya.
Dan mereka itu keren banget deh cara ngedidik anaknya

10:43 PM  

Post a Comment

<< Home