Monday, June 14, 2010

Severitus dan Sevitus

Tadi malem di-twit oleh @aicchan, @nieronesha, dan @dahliamerah mengenai Severitus. Biar singkat, ambu menyarankan agar membaca ini.

Memang karena sekarang sudah lama berlalu, juga sudah banyak dipakai, baik secara benar maupun sembarangan (ngaku, Ambu juga makenya ga bener *nyengir*) istilah Severitus dan Sevitus sudah banyak keluar jalur. Tapi, kalau mau tahu 'sejarah'-nya, ini yang Ambu tahu.

Di tahun 2001, di Fanfiction.net seseorang ber-username Severitus mem-publish fic dengan judul A Father Sin. Saat ini sudah sampai chapter 47, dan belum selesai *nyengir* Fic ini banyak mendapat sambutan, karena inilah fic pertama (setidaknya di FFN) dengan plot cerita 'Harry sebenarnya adalah anak Severus'.

Takut mendapat cercaan karena fic-nya tidak selesai-selesai, lalu keinginan Severitus untuk membaca fic dengan plot serupa dengan fic-nya, maka ia membuka Challenge. Di situ tertera 7 syarat, yang paling penting untuk kita adalah 3 yang pertama:

1. Severus Snape must be revealed to be Harry's father (no..not James, though that would be interesting......MWAHAHA!!!)

2. Remus Lupin must have returned to Hogwarts for some reason or another (unless it's a 3rd year AU, in which case he's already there.heh)

3. Harry must undergo some progressive physical change starting on his birthday. No *tada!* and suddenly he looks like Snape, at first anyway

Plot 'Harry sebenarnya adalah anak Severus' kemudian menarik para penulis lain. Username 'Severitus' kemudian menjadi 'label' untuk cerita dengan plot sejenis, plot 'Harry sebenarnya adalah anak Severus'. Akan tetapi ada juga pembaca yang agak kecewa, karena mereka sebenarnya ingin membaca 'responses to Severitus' challenge', cerita yang plotnya sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan oleh Severitus. Karena itulah, mereka membagi dua cerita ber-plot 'Harry adalah anak Severus' menjadi label 'Severitus' (untuk cerita yang mengikuti syarat Severitus) dan Sevitus (untuk cerita yang semata menceritakan 'Harry adalah anak Severus'). Untuk para pembaca puritan inilah cerita terbagi dua.

Sedang untuk pembaca lain, terutama yang lebih longgar batasannya, semua cerita dengan plot 'Harry adalah anak Severus' adalah cerita 'Severitus', tak ada yang berbeda, apakah Harry berubah menjadi lebih mirip Severus ataupun tidak.

Perubahan kemudian berkembang, ada yang kemudian mengumpulkan cerita sejenis dalam situs, selain juga mengumpulkan cerita itu di FFN (Severitus juga menjadi staff di sini). Father-Son fics, Mentor fics, Guardian fics, semua ada. Selama tokoh utamanya Severus (Potion) dan Harry (Snitches)--dan berbahasa Inggris--bisa masuk sini. Rating MA, dan SeverusHarry slash tidak bisa masuk, itu saja.

Jadi? Silakan menulis, atau membaca cerita Severitus ataupun Sevitus. Yang penting, we love you, Severus!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home